Diduga Ada Kongkalikong, Puluhan Aktivis Forum Warga Sukabumi Lakukan Aksi Didepan Kantor ESDM Provinsi Jabar

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Diduga Ada Kongkalikong, Puluhan Aktivis Forum Warga Sukabumi Lakukan Aksi Didepan Kantor ESDM Provinsi Jabar

REDAKSI
Selasa, 23 Juli 2019



BANDUNG - Cek Update
Diduga ada kongkalikong antara CV Tenjomaju dengan ESDM Provinsi Jawa Barat (Jabar), aktivis pemuda yang tergabung dalam Forum Warga Sukabumi melakukan aksi unjuk rasa didepan kantor ESDM Provinsi Jabar, Jalan Sukarno-Hatta, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung.

Hal tersebut mereka lakukan menyikapi aktifitas perusahaan tambang milik CV Tenjomaju di Kampung Peer, Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi yang beroperasi dilahan yang sedang disita oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bandung dengan rujukan Pengadilan Tipikor Bandung nomor: 03/Pen.Pid/PPK/2016/PN.Bdg tanggal 02 Maret 2016.

Dalam orasinya, aktifis pemuda menuntut Dinas ESDM mencabut izin operasi dan menghentikan kegiatan dari CV Tenjomaju, menginventarisir serta menindak tegas pelaku usaha tambang yang terindikasi tidak memiliki izin dan bersihkan dugaan adanya oknum ESDM yang bermain atas maraknya perusahaan tambang yang bermasalah.

"Sebelumnya ESDM sebelum mengeluarkan Izin Usaha Pertambangan (IUP) harus turun dan kros cek kelapangan. Tanah yang digunakan perusahaan tersebut statusnya masih QUO namun anehnya izin usahanya ada, hal tersebut tentunya menjadi pertanyaan besar bagi kami. Ada apa ESDM Jabar dengan CV Tenjo Maju, " ujar Tantan Suherman kepada media di sela usai aksi.

Hasil pantauan di lapangan terlihat pihak ESDM tidak menemui massa aksi, hal tersebut dinilai Forum Warga Sukabumi bahwa Dinas ESDM Jabar menghindar.

"Kami disini sebagai masyarakat yang mengungkapkan aspirasinya, Dinas ESDM Provinsi Jabar seharusnya hadir ditengah-tengah kami mewakili Negara. Namun pihak ESDM seolah hadir mewakili perusahaan, " cetusnya.

Karena aksinya tidak di tanggapi oleh Dinas ESDM, Forum Warga Sukabumi berjanji akan melakun aksi unjuk rasa kembali bahkan dengan membawa massa aksi lebih banyak lagi.

"Hari ini aksi kami tidak ditanggapi ESDM, oleh karena itu kami akan datang lagi dan melakukan aksi dengan massa yang lebih banyak lagi dari hari ini, " cetusnya.

Aksi puluhan pemuda tersebut yang menggelar orasi didepan kantor ESDM Jabar tersebut mendapat kawalan ketat dari aparat kepolisian. 

Sumber : Redaksi Cek Update