Pjs Kades Sindanglaya Moch Muchtar Beberkan Alokasi Anggaran Dana Desa

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Pjs Kades Sindanglaya Moch Muchtar Beberkan Alokasi Anggaran Dana Desa

REDAKSI
Selasa, 02 Juli 2019



CIANJUR - Cek Update 
Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Sindanglaya Moch Mucthar, angkat bicara terkait tudingan sebagian warga yang di nilai Pemerintahan Desa (Pemdes)nya. Tidak transparan terhadap anggaran dana desa (DD) maupun anggaran dana desa (ADD).

Menurutnya,tidak benar apa yang tuduhkan dengan pemberitaan kemarin (29/6/2019).Bahwa warga menuding desa yang baru dia pimpin beberapa bulan lalu,tidak terbuka terhadap persoalan anggaran desa.

"Saya heran,padahal tiap tahun sebelum saya menjabat disini desa selalu membuat buku berupa majalah yang isinya tentang pengalokasian anggaran desa.Lengkap dengan dokumentasi kegiatannya untuk di bagikan ke setiap RT dan RW se-Desa Sindanglaya dengan tujuan RT/RW agar menjelaskan kembali ke warga sekitar," ungkapnya saat di konfirmasi di ruang kerjanya.Selasa (2/7/2019).

Kades menjelaskan,tidak hanya itu,sebuah baliho berupa Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APDes) yang berukuran kurang lebih 3 x 6 meter setiap tahunnya dia pasang didepan kantor,dengan tujuan agar warga yang berkunjung kedesa bisa melihat dan membaca anggaran - anggaran desa mana yang sudah kita alokasikan.

"Jadi,yang mana yang di sebut kami tidak transparan terhadap anggaran desa ini," katanya

Kades menambahkan,seperti saat ini Pemerintahan Desanya sudah mengalokasikan anggaran Dana Desa (DD) 2019.Tahap pertama sebesar Rp 150 juta.

Yakni dengan membangun jalan hotmix sepanjang 300 meter yang berlokasi di Kampung Bengkok Rt 03 Rw 11.

"Jadi untuk DD tahap satu 2019 pembangunan tidak hanya jalan hotmik saja,bantuan dana desa sebesar Rp 42 juta dan 12 juta kita gunakan juga untuk pembangunan sebuah dranase berlokasi di kampung tarigu Rt 4 Rw 5 dan pembangunan dranase di kampung sumur kondang Rt 3 Rw 3," bebernya

Sementara DD tahap III untuk tahun 2018 lalu,lanjut Kades,anggaranya ia gunakan untuk membangun Dranase di Kampung Balakang Rw 06 Rw 07 Rw 08,dranase di kampung Rt 01 Rw 04 dengan panjang 150 meter dan penutupan dranase di kampung sukasari Rt 03 Rw 14 dengan panjang 210 meter.

"Untuk DD tahun lalu di anggarkankan masing ada yang Rp 150 juta,Rp 37 juta dan 56 juta nominal tersebut tergantung panjangnya pembangunan,"paparnya

Kades menghimbau,adapun masyarakat yang ingin jelas lagi,seperti sudah sejauh mana desa saat ini membangun serta anggaran anggarannya dari mana ia persilahkan untuk datang ke desa.

" Barang kali ada warga yang kurang jelas dan ingin mempertanyakan tentang program program desa, kami persilahkan datang ke desa dengan senang hati kami layani," pungkasnya.


Reporter : Dedy