Aqua Babakan Pari Salurkan Program Air Bersih di Cidahu

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Aqua Babakan Pari Salurkan Program Air Bersih di Cidahu

REDAKSI
Senin, 05 Agustus 2019



SUKABUMI, Cek Update - Air bersih merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat, namun di musim kemarau seperti yang terjadi saat ini, air bersih di beberapa wilayah sulit di dapatkan. Salah satu nya di kp. Nangka beurit Desa Cidahu Kec. Cidahu Kab. Sukabumi, di musim kemarau ini sumur-sumur warga kering.

Untuk memenuhi kebutuhan mandi, cuci dan yang lainnya masyarakat terpaksa menggunakan air dari sungai. Walau air di sungai ini masih terlihat jernih, namun tidak terjaminnya kualitas hygiene nya bagi kesehatan.

Beruntung bagi masyarakat di kampung tersebut, karena memiliki salah satu warga  yang akrab disapa Burhan mau memberikan air bersih dari mata air yang ada di halaman rumahnya sehingga impian warga di kp nangka berit untuk mendapatkan akses air bersih yang hygiene dapat terwujud. 

Dalam kesempatannya Burhan mengungkapkan bahwa di halaman rumahnya terdapat mata air yang dimanfaatkan oleh beberapa warga. "Namun untuk menjangkau warga yang berada dibawahnya perlu ada pipa atau selang untuk menyalurkannya, " ungkapnya.


Selanjutnya perusahaan AQUA (AGM Babakan Pari) melakukan program WASH (Water access sanitasi & higien) di tempat ini dengan melakukan Analisa. "Analisa kebutuhan program air bersih bagi masyarakat tersebut terlebih dahulu melalui yayasan konservasi alam dan lingkungan (YKAL), " lanjut Burhan.

Sementara itu menurut Usep Suparman selaku direktur YKAL memaparkan bahwa program akses air bersih ini merupakan kolaborasi antara AQUA, Yayasan YKAL, Pemdes Cidahu, dan masyarakat nangka berit. 

"Dalam implentasinya program ini melakukan pembangunan infrastruktur dengan merevitaliasi titik  mata air, membangun 1 bak primer dan membangun 1 bak skunder untuk membagi ke rumah-rumah warga melalui pipanisasi dan sambungan rumah, " katanya. 

Setelah itu YKAL melakukan pendampingan program melalui kegiatan penguatan kelembagaan pengelolaa sarana air bersih dan pemicuan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). "Tujuan kami adanya perubahan pola pikir dan perubahan prilaku masyarakat untuk  menerapkan PHBS tersebut, " terang Usep.

Di lain kesempatan Dodi Rusdiansyah coordinator CSR Aqua Babakan Pari mengungkapkan bahwa program akses air bersih ini dapat dinikmati oleh 30 Kepala Keluarga, 1 pondok pesantren, dan 1 mushola di wilayah Kampung Nangka Beurit Desa Cidahu. 

"Kami pihak perusahaan berharap masyarakat bisa memanfaatkan akses air bersih ini dengan memeliharanya melalui panitia pengelola air bersih secara konsisten dan mandiri sehingga kelangsungan akses air bersih ini dapat terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat, " pungkas Dodi.

Reporter : Jack