Hari Kemerdekaan RI Ke 74, Karyawan PT. Clariant Adsorbents Indonesia Tetap Dipekerjakan

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Hari Kemerdekaan RI Ke 74, Karyawan PT. Clariant Adsorbents Indonesia Tetap Dipekerjakan

REDAKSI
Sabtu, 17 Agustus 2019



SUKABUMI, Cek Update - Disaat semua element merayakan hari libur Nasional Kemerdekaan Republik Indonesia tepat pada tanggal 17 Agustus 2019, lain halnya dengan karyawan PT. Clariant Adsorbents Indonesia yang berlokasi di Desa Neglasari Kecamatan Lengkong Kabupaten Sukabumi, masih belum "MERDEKA" mereka masih melakukan aktivitas kerja.

Hal tersebut justru berbenturan dengan UUD 1945, karena pada Alenia Pembukaan UUD 1945 • Alenia Pertama " Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan" Dalam kalimat "Bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa…" terkandung suatu pengakuan tentang nilai "hak kodrat". 

Hak kodrat adalah hak yang merupakan karunia dari Tuhan yang Maha Esa, yang melekat pada manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Pelanggaran terhadap hak kemerdekaan tidak sesuai dengan hakikat manusia (peri kemanusiaan) dan hakikat adil (peri keadilan) dan atas pelanggaran tersebut maka harus dilakukan suatu pemaksaan, yaitu bahwa penjajahan harus dihapuskan.

Para karyawan di PT. Clariant Adsorbents Indonesia bekerja sesuai dengan lembar PEMBERITAHUAN No.11/PB/CAI/VIII/2019 yang ditandatangani pada tanggal 15 Agustus 2019 Oleh Bapak Fri H. Simangunsong dan Bapak E. Sunaryana yang dipampang dikaca pos Scurity, tertulis bahwa Para karyawan PT. Clariant Adsorbents Indonesia khusus pada tanggal 17 Agustus 2019 ini yang menurut jadwal masuk shift-I mulai bekerja jam 09.00 s.d 20.00 WIB dan yang menurut jadwal masuk shift-III mulai bekerja jam 20.00 s.d 07.00 WIB, sedangkan untuk bagian Security tetap bekerja sebagaimana hari biasa dan pada hari besoknya 18 Agustus 2019 pabrik beroprasi normal kembali dengan 3 Shift. 

Saat tim melakukan konfirmasi dan mendatangi perusahaan, hal aneh terjadi perwakilan pimpinan perusahaan yang ada, untuk mempertanyakan "alasan mengapa perusahaan ini tetap beroprasi tepat pada hari libur nasional kemerdekaan Indonesia", "jawabannya bahwa dirinya tidak berhak menjawab". 

Hal tersebut membuat tim lebih bertanya dan tim coba kembali menanyakan, "apakah masuknya kerja hari ini berdasarkan kesepakatan antara karyawan dengan perusahaan atau hanya perusahaan memutuskan sepihak", lagi-lagi tidak mendapatkan jawaban yang diharapkan, malah mengatakan "apapun yang ditanyakan pada saya, saya tidak akan menjawab karena bukan kapasitasnya".

Hasil kedatangan tim kelokasi, bahwa pimpinan perusahaan tidak sedang berada dilokasi, sehingga kami tidak dapat mengkonfirmasinya secara langsung.

Sementara itu hasil informasi dari masyarakat sekitar, perusahaan PT. CAI ini memang sudah biasa beroprasi meskipun pada Hari Libur Keagamaan atau Hari Libur Nasional, "Kemarin pun saat Hari Raya Idul Adha perusahaan tersebut pun mempekerjakan karyawannya, " ungkap salah satu warga sekitaryang enggan dipubliskan namanya.

Sampai berita ini di turunkan, belum ada keterangan resmi dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi baik itu dari unsur Muspika ataupun Dinas Ketenagakerjaan.

Kontributor : YH/ Redaksi Cek Update