Perusahaan Aqua di Sukabumi Disoal GSBI, Ada Apa?

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Perusahaan Aqua di Sukabumi Disoal GSBI, Ada Apa?

REDAKSI
Jumat, 30 Agustus 2019



SUKABUMI, Cek Update - Perusahaan air minum Dalam Kemasan (AMDK) Aqua yang berada di Kabupaten Sukabumi di soal Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Kabupaten Sukabumi.

GSBI menilai Pabrik Aqua yang sudah 17 tahun beroperasi, tapi memperkerjakan karyawannya hanya sebagai pegawai kontrak padahal jenis pekerjaannya tidak masuk kategori perusahan yang boleh mempekerjakan pekerjanya dengan system kontrak (PKWT).

"Perusahaan tersebut (Aqua,-red) tidak masuk dalam kategori perusahaan yang memperkerjakan karyawannya dengan sistem PKWT apalagi dengan system harian/lepas atau borongan, " ungkap Ketua GSBI Kabupaten Sukabumi, Dadeng Nazarudin kepada Cek Update.

Dadeng pun menambahkan perusahaan Aqua sudah melanggar ketentuan hukum yang berlaku, sepertihalnya yang sudah diamanatkan oleh UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

"Hari ini banyak pekerjaan di perusahaan Aqua yang masih belum jelas statusnya padahal hal tersebut sudah berbenturan dengan UU Ketenagakerjaan, " tambahnya.

Untuk itu lanjut Dadeng, apabila pihak perusahaan Aqua pada tanggal 1 September 2019 tetap melakukan jeda/off kepada seluruh para pekerja/karyawan pada bagian kebersihan maka para pekerja bagian kebersihan dan anggota GSBI akan melakukan aksi unjuk rasa.

"Apabila hal tersebut tetap dilakukan, kami GSBI akan melakukan aksi unjuk rasa menentang atas kebijakan Perusahaan dan menuntuk pihak Perusahaan Aqua untuk terus memperkerjakan dan  menuntut agar mengangkat seluruh pekerja menjadi karyawan tetap, " pungkasnya.

Reporter : Jack