RK Tepis Isu Wacana Ibu Kota Jabar Pindah, Begini Jawabannya

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

RK Tepis Isu Wacana Ibu Kota Jabar Pindah, Begini Jawabannya

REDAKSI
Sabtu, 31 Agustus 2019



SUKABUMI, Cek Update - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK), tepis isu wacana perpindahan Ibu Kota Jawa Barat. Saat ditemui disela kegiatan peresmian Bendungan Leuwisapi di Kabupaten Sukabumi, Gubernur Jabar memastikan tidak akan memindahkan Ibu Kota Jawa Barat, Sabtu (31/8/2019).

Adapun yang saat ini tengah di bahas Pemprov Jabar adalah melakukan beberapa kajian salah satunya rencana pemindahan pusat pemerintahan Jawa Barat.

Menurut RK, pengesahan Perda (Peraturan Daerah) Provinsi Jabar yang telah di ketuk palu dan di setujui, adalah membahas Rencana Tata ruang Wilayah (RTRW) yang memerintahkan Penprov Jabar untuk melakukan beberapa kajian.

Sejumlah kajian yang dibahas diantaranya kajian jalur transportasi, kajian pembangunan wilayah industri baru, dan kajian pemindahan pusat pemerintahan.

"Didalam RTRW memerintahkan Pemerintah daerah provinsi untuk melakukan kajian, semua kajian, termasuk kajian pemindahan pusat pemerintahan bukan (pemindahan) ibu kota," jelas Ridwan Kamil, Sabtu (31/8).

Lebih jauh RK menjelaskan, saat ini Pemprov Jabar masih dalam tahapan proses pengkajian, belum dapat di pastikan pusat pemerintahan Jawa barat dipindahkan.

"Nanti nunggu kajian. Kajiannya bilang tetap apa pindah, kita belum tahu karena kajiannya belum dilakukan. Jadi jangan membahas dulu terlalu jauh karena perintahnya itu baru tolong membuat kajian, hasil kajian bisa jadi iya (Pindah) bisa jadi tetap,"

"Jadi jangan dulu dibahas terlalu jauh kotanya, dan sebagainya (calon pusat pemerintahan), jadi baru sebatas kajian apakah gagasannya layak apa tidak," jelas RK.

Reporter : M Afnan/Chandra