Kecam Kekerasan Terhadap Insan Pers, Jurnalis Sukabumi Lakukan Aksi Unjuk Rasa

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Kecam Kekerasan Terhadap Insan Pers, Jurnalis Sukabumi Lakukan Aksi Unjuk Rasa

REDAKSI
Jumat, 27 September 2019



SUKABUMI-Cek Update
Puluhan Jurnalis Sukabumi melakukan aksi solidaritas mengecam kekerasan terhadap insan pers yang sedang melakukan peliputan yang dialami dua wartawan pada saat meliput aksi demo di Makasar beberapa hari kemarin yang diduga dilakukan oknum Polisi pada saat pengamanan.

Aksi solidaritas tersebut dilakukan oleh perwakilan berbagai media di sukabumi, mulai dari media online, cetak, tv maupun radio. Aksi itu merupakan bentuk penolakan keras yang kerap dialami oleh insan pers dalam menjalankan tugas peliputan dengan menggelar long march sepanjang Jalan Suryakencana menuju Bundaran Tugu Adipura Kota Sukabumi.

"Kami menilai reformasi di tubuh kepolisian belum tuntas sepenuhnya. Kita anggap mereka salah sasaran kalau harus mengintimidasi jurnalis yang sedang menjalankan tugas apalagi hingga melakukan kekerasan," ungkap Ujang Herlan salah satu peserta aksi di Bundaran Tugu Adipura Kota Sukabumi, Jumat (27/09/2019).

Selanjutnya kata dia, selain bentuk kecaman dari aksi ini dirinya berharap, tidak adalagi pihak manapun yang berusaha menghalangi tugas jurnalis pada saat menjalankan tugas peliputan. Pasalnya kekerasan tersebut kata dia, sudah sering terjadi. Namun tidak pernah ada tindak lanjut meskipun baik pengaduan maupun sudah dilakukan oleh wartawan.

"Oleh sebab itu hari ini kami Jurnalis Sukabumi sepakat tidak ada lagi tragedi serupa yang dialamai wartawan. Dan tentunya kami akan terus mendesak para penegak hukum untuk segera menindaklanjuti kasus kekerasan yang dialami rekan kita di Makasar dan Jakarta," tegasnya.

Reporter : Jack