Petugas Gabungan Lakukan Pengecekan Kendaraan Bus Antar Kota Di Terminal Pasir Hayam

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Petugas Gabungan Lakukan Pengecekan Kendaraan Bus Antar Kota Di Terminal Pasir Hayam

REDAKSI
Rabu, 04 September 2019



Cianjur - CekUpdate
Petugas gabungan dari Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Cianjur, bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten  Cianjur. Melakukan pengecekan kendaraan dan tes urin sejumlah supir di Terminal Pasir hayam. Petugas melakukan pemeriksaan uji kelayakan kendaraan mulai dari angkutan umum, bus antar kota provinsi. Mulai dari pemeriksaan kelengkapan kendaraan seperti fungsi rem, rem tangan, ban dan alat pemecah kaca. 

Saat dilakukan pemeriksaan,tampak petugas menemukan salah satu bus antar kota tidak dilengkapi alat pemecah kaca. Bahkan salah satu bus tersebut, didapati satu baut roda depan bus hilang. Hingga petugas memberikan peringatan kepada pengemudi bus tersebut untuk dipasang baut yang terlepas di salah satu ban bus tersebut.

Selain melakukan pengecekan terhadap kelayakan kendaraan angkutan umum, petugas juga melakukan pengecekan terhadap kesehatan para pengemudi dan kernet dengan cara memeriksa denyut jantung, tekanan darah serta tes urine. 

Kepala Urusan Operasional (Kaur Bin Ops) Satuan Lalu Lintas Polres Cianjur, Iptu Anjar Maulana, pemeriksaan dan pengecekan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadi kecelakaan lalu lintas akibat terjadi human error dan laik kendaraan sebagai upaya pencegahan sejak dini. 

"Kami akan terus lakukan pemeriksaan secara rutin dan berkala pada bulan tertentu, terhadap kendaraan yang memasuki atau melintas di wilayah hukum Polres Cianjur," kata dia .

Menurutnya,berdasarkan hasil dari pemeriksaan tersebut tidak ditemukan pengemudi maupun kernet yang mengkonsumsi narkoba maupun alkohol dan semuanya dalam keadaan sehat. 

"Kami akan menindak tegas kendaraan, angkutan umum, terutama bus apabila ditemukan adanya kendaraan tidak laik," Imbuhnya.


Reporter : Dedy