TSz5TUzpGSYiGfG9TSd5TSC6GA==

Tolak Kekerasan Terhadap Wartawan, Puluhan Jurnalis Gelar Aksi Di Kejari Padang lawas


CEK UPDATE | PADANG LAWAS — Aliansi wartawan Rokan hulu dan wartawan padang lawas melakukan aksi demo di depan kantor kejaksaan negeri Padang lawas, kamis 7 /12/2023.

Dalam aksinya di depan kantor kejaksaan negeri Padang lawas, puluhan wartawan dan keluarga korban penganiayaan meminta kepada kejaksaan negeri sibuhuan agar menuntut para pelaku penganiayaan terhadap warga dan wartawan  yang terjadi di dusun kali kapuk, desa sungai korang tanggal 28 April 2023 lalu, agar di hukum seberat beratnya sesuai undang undang pidana penganiayaan.

Selain itu, massa berharap jaksa bisa memasukan pasal berlapis terhadap pelaku sesuai dengan undang undang no 40 tahun 1999 mengingat Korban adalah seorang wartawan yang sedang menjalankan tugas jurnalistik saat penganiayaan terjadi.

Menurut Ramlan Lubis sebagai kordinator aksi, wartawan dalam menjalankan profesinya  di lindungi undang undang yaitu UU no 40 thn  1999, sepatutnya pelaku penghalangan tugas wartawan bisa di jerat dengan UU no 40 apa lagi wartawan tersebut sempat  mendapak perlakuan kasar dari pelaku.

"Fungsi tugas wartawan jelas sudah di atur dalam udang undang, pelaku menghalang halangi tugas kerja wartawan dapat di jerat dengan pasal no 40 thn 1999 dengan ancaman yang cukup tegas," ujar Ramlan.

Sementara usai melakukan orasi  massa dari awak media Rohul dan Palas langsung di terima pihak kejaksaan negeri Sibuhuan, di depan massa pihak kejaksaan negeri Padang lawas  dalam hal ini di wakili kasi penuntut umum Rikardo Simanjuntak, berjanji akan menerima aspirasi para para awak media. 

Rikardo Simajuntak mengungkapkan, kasus penganiayaan seorang wartawan, dan seorang warga saat ini sudah dalam proses persidangan dan di perkirakan Minggu depan sudah masuk dalam proses pembacaan tuntutan.

"Kami menerima aspirasi Rekan rekan awak media Rahul dan Palas, kami akan benar benar terbuka dalam penanganan kasus ini, kasus ini sudah beberapa kali sidang dan sudah masuk dalam jadwal  tahan pembacaan tuntutan Minggu depan," ungkap Rikardo.

Setelah menyerahkan naskah tuntutan kepada pihak kejaksaan massa membubarkan diri dari halaman kantor kejaksaan negeri Padang lawas, namun massa mengancam bila aspirasi mereka tidak di anulir massa dari awak media mengancam akan melakukan aksi serupa dengan massa yang lebih banyak lagi. (Rizky)

Type above and press Enter to search.